Lompat ke isi utama

Berita

Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu 2024, Faham Syah: Internal Bawaslu Mesti Kokoh

Kordiv PPPS, Staf dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kaur dalam Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024, di Hotel Mercure Bengkulu

Kordiv PPPS, Staf dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kaur dalam Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024, di Hotel Mercure Bengkulu

KAUR - Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah, M.Pd.I mengatakan internal Bawaslu mulai dari tingkat Provinsi sampai Pengawas TPS mesti kokoh. Hal tersebut disampaikanya dalam Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024 (5/8).

"Jika Bawaslu kokoh didalam (internal), maka akan memperlancar proses penyelesaian penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa," ungkap Faham Syah dalam sambutan sekaligus membuka Rapat Evaluasi.

Kegiatan rapat evaluasi menurut Faham Syah penting dilakukan untuk diambil pelajaran sebagai bahan perbaikan kedepan. Ia juga berharap agar Bawaslu Kabupaten/Kota terus berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi, khususnya dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah.

"Saya berharap kedepan jalur hirarki dan koordinasi lebih baik lagi. Bawaslu Kabupaten/Kota sebelum mengambik keputusan agar dikonsultasikan kepada Bawaslu Provinsi," ungkapnya.

Kegiatan Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2024 diikuti Bawaslu Kabupaten/Kota. Dari Bawaslu Kabupaten Kaur hadir Kordiv PPPS, Hendra Gunawan, S.Kom, Korsek, Sisanto, S.Sos beserta 2 staf PPPS.

Hendra mengapresiasi kegiatan Rapat Evaluasi yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Bengkulu. Selain sebagai bahan perbaikan untuk kedepan, kegiatan juga menghadirkan para pemateri yang berkompeten.

Para pemateri dalam kegiatan rapat evaluasi antara lain, Dr. JT. Pareke, SH, MH, Patimah Siregar, S.Pd, M.Pd dan Ediansyah Hasan, SH, MH.

"Walaupun Bawaslu Kabupaten Kaur tidak menangani sengketa saat Pemilu Tahun 2024, namun evaluasi ini penting dilakukan sebagai bahan pelajaran untuk pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah yang tahapannya sudah berjalan," kata Hendra. 

Sumber : Irsan Hidayat S

Editor :Humas Bawaslu Kab Kaur